Street Football Fashion: Dari Stadion Melenggang ke Jalanan

Street Football Fashion: Dari Stadion Melenggang ke Jalanan

December 10, 2018 0 By Tim Hansen

Mungkin beberapa decade lalu tidak banyak orang yang berpikir bahwa akan ada satu kaitan antara sepak bola dengan fesyen suatu hari nanti. Banyak ide-ide fesyen yang terkait dengan sepak bola bermunculan dari tahun ke tahun. Bahkan jersey pemain yang dulunya hanya berfungsi sebagai seragam pemain di lapangan hijau, akhirnya berubah menjadi salah satu item fashion yang digemari oleh banyak kalangan.

Bahkan seorang Coco Chanel pun pernah mengatakan bahwa fesyen tidak harus selalu berupa penampilan atau juga yang terkait dengan pakaian saja, melainkan juga dapat diaplikasikan ke banyak hal. Fesyen menurut Coco adalah berada di langit, di ruangan sampai dengan di jalanan. Bahkan sebuah fesyen tidak harus hanya ada di atas catwalk saja, namun dapat digunakan setiap saat, setiap hari di setiap kesempatan.

Seperti halnya Coco, banyak pengamat fesyen dari berbagai dunia pun sepakat dengan hal tersebut. Terlebih lagi ketika ada gelaran besar atau kompetisi tingkat dunia yang digelar, seperti Piala Dunia salah satu contohnya. Banyak orang dengan bangga memadupadankan jersey-jersey bola dari negara mereka atau yang menjadi idolanya dengan pakaian lainnya kemudian dibawa untuk berjalan-jalan di tempat umum.

Jika beberapa dekade lalu akan nampak aneh, maka sekarang ini memakai jersey di tempat umum walaupun sedang tidak ada pertandingan sepak bola yang digelar adalah hal yang lumrah. Bahkan tidak sedikit dari orang-orang terkenal, selebritis, aktor atau aktris sampai dengan musisi yang mengenakan jersey sebuah tim sepak bola ketika berada di tempat umum atau saat menghadiri sebuah gelaran acara.

Walaupun tidak seperti tren fesyen pada umumnya yang dengan cepat digemari banyak orang atau juga menjadi populer dalam waktu singkat, namun dapat dikatakan bahwa fesyen baju sepak bola adalah sebuah tren yang long last time atau tak lekang oleh waktu.

Tren jersey bola tersebut semakin bertambah digemari banyak kalangan ketika ada beberapa produk pakaian yang dirilis oleh beberapa perancang terkenal atau dari rumah mode ternama di dunia, seperti contohnya yang pernah dilakukan beberapa brand, seperti Supreme, Bathing Ape, Adidas, Puma, Nike dan lain sebagainya.

Baca Juga: Trik Tampil Kompak Dengan Pasangan Pakai Jersey Bola

Street Football Fashionista

Tidak hanya dalam bentuk jersey saja, tidak sedikit pula yang membuat pernak-pernik fesyen yang masih berhubungan dengan dunia bola, seperti salah satu contohnya yang dilakukan oleh seorang creative director dari Vetements, Demma Gvasalia pada tahun 2016 kemarin. Pada saat itu, Demma mengenakan scarf dengan motif dan logo Tim Nasional Rusia. Dan siapa sangka, apa yang dilakukan Demma tersebut menjadi populer dan ditirukan oleh banyak orang, terutama di Rusia.

Selain jersey tim nasional suatu negara, tidak sedikit pula yang mengenakan jersey tim sepak bola di sebuah liga terkenal di suatu negara, seperti La Liga Spanyol, Bundesliga Jerman, Serie A Italia, Ligue 1 Prancis, Eriedivisie Belanda, Primiera Portugal, Premier Liga Inggris dan beberapa lainnya.

Dari ragam jersey sepak bola dari tim-tim di sebuah liga tersebut, rata-rata yang digunakan adalah jersey pemain bintangnya, seperti Neymar dari Paris Saint-Germain, Lionel Messi dari Barcelona, Cristiano Ronaldo dari Juventus sampai dengan Mohamed Salah dari Liverpool. Bahkan yang mengenakan jersey-jersey seperti ini tidak lagi didominasi oleh para pecinta atau pendukung sebuah tim sepak bola saja, melainkan juga orang-orang umum yang memang menyukainya. Tidak hanya itu saja, jika dulu hanya dipakai oleh kaum pria saja yang mana sepak bola memang identik dengan olahraga laki-laki, sekarang ini sudah sangat banyak wanita yang juga mengenakannya.

Dengan semakin banyaknya orang yang leluasa mengenakan jersey tim sepak bola untuk beraktivitas sehari-hari atau juga digunakan di tempat umum, maka menurut banyak pengamat fesyen, tren seperti itu semakin lama akan menjadi pesaing untuk tren-tren fesyen pakaian non-sport lainnya.